Liburan Irit Ala Sepasang Absurd

Jauh-jauh sebelum negara api menyerang UN digelar, aku dan sahabatku, Dyar, memiliki rencana fantastis! Ada dua, tadinya. Sayang karena suatu hal, yang satu nggak jadi dilakuin.

Jadi, awalnya kami ingin main-main ke Kota Jogja untuk refreshing setelah UN selesai. Buset, UN belum mulai aja kami udah kebanyakan rencana, ya.. Hihi. Lalu Dyar mengusulkan, agar kami berdua hanya boleh mengeluarkan budget maksimal seratus ribu rupiah. Hm.. Lalu aku ikutan usul, agar uang seratus ribu rupiah itu jangan minta ke orang tua, melainkan harus dari jerih payah sendiri, yaitu dengan cara: mengirim tulisan ke media! Jadi, nanti uang seratus ribu rupiah itu digunakan untuk biaya pulang-pergi, makan, dan beli-beli. Dan hasil beli-belinya, harus ditukar satu sama lain. Seru kan?? 



Kami akhirnya memulai rencana tersebut dengan menulis cerita pendek di sela-sela waktu belajar UN. Beruntungnya, dua cerpen Dyar dimuat media! Namun sialnya, hingga hari H kami main, tulisanku satupun tidak dilirik. Sedih.... *demo ke KR* Tapi rencana tetap berjalan sih, meskipun ada pelanggaran. Hihihi xD

Sehari setelah UN selesai yaitu tanggal 16 April 2015, kami cusss main ke Malioboro, Yogyakarta. Kami berangkat pukul 09:27 naik kereta Prambanan Ekspres atau bekennya Prameks. Dua jam sebelumnya kami sudah membeli tiket di stasiun. Memang begitu peraturannya sekarang. Oh iya, harga tiketnya Rp 8.000,-.

Tadinya mau diliatin jarum di jam tangannya, tapi keburu keretanya dateng -_-
Kira-kira setengah jam, kami sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta!

Uyey!

Setelah itu, kami langsung cuss ke tujuan utama yaitu Museum Benteng Vredeburg! Tadinya kami mau naik delman ke sana, tapi karena bukan hari Minggu kuturut ayah ke kota, maka kami nggak jadi. Akhirnya pilihan jatuh ke becak motor! Tarif abangnya cuma Rp 10.000,-.

Sesampai di Benteng Vredeburg, aku terpana... Emang baru sekali ini ke Vredeburg sih.


Harga tiket masuk ke Benteng Vredeburg adalah dua ribu rupiah! Murah abis kan?? Cuma dua ribu dan kalian bisa menikmati bangunan kuno, belajar sejarah, foto-foto, dan kalau beruntung bisa nonton pemutaran film juga! Ada tour guide juga. Di dalam benteng juga banyak tempat duduk permanen yang dinaungi tumbuhan merambat yang bakal bikin kalian adem. Terus, ada juga cafenya. Kurang apa coba?

Loket

Mau ke atas benteng nih.
Capek muter-muter dan ambil beberapa foto, plus kepanasan, kami berdua memutuskan untuk cari makan dulu. Apaan ya? Belum apa-apa udah makan.. Tapi serius deh laper.. Kami memutuskan untuk menyusuri Jalan Malioboro ke arah utara sambil cari makan, sambil beli barang-barang di sepanjang jalan. Pertamanya Dyar ngeborong 6 gelang tali sekaligus, Serah deh serah... Aku malah bingung beli apa. Setelah itu, kami memutuskan makan di warung soto deket Ramai Mall. Rencana awal makannya bukan di situ, tapi rupanya warung yang dituju udah menyublim.

Selamat makan!
Kalau buat perutku sih porsi segitu udah kenyang. Cuma Rp 8.000,- sama minumnya. Cihuy!

Lanjut jalan lagi, akhirnya aku beli dream catcher! Udah lama pengen baru kesampaian. Setelah pilih-pilih, dapet deh 2, total Rp 30.000,-. Nawar habis-habisan tuh.. Tapi sayangnyaa... Di jalan, Dyar dapet dream catcher yang lebih bagus. KZL sih, tapi ya sudahlah..

Karena kami adalah duo absurd, yang lebih sering ke toko buku daripada ke toko baju, rasanya kurang afdol kalau nggak nengok Gramedia Malioboro. Iya nengok doang, nggak belilah wong nggak ada budget -_-


Di Malioboro Mall, karena saya nggak kuat beli novel, maka saya beli 2 lembar kartu pos. Tapi di Periplus, ehehe.. Per kartu pos Rp 3.500,- lebih mahal dari kartu pos yang di kantor pos. Ya iyalah, gambar dan kertasnya lebih bagus! Begonya... Dyar malah ngajak saya beli es krim di MM. Mampus. Beli buku nggak bisa, malah beli es krim. Gagal irit. Gagal merakyat. Tapi saya pengen juga sih. Hihihi xD

Tangan gue belang -_-
Abis ngadem di MM, kami pun balik ke stasiun buat beli tiket. Soalnya, tiket Prameks dari Jogja ke Wates harus dibeli 3 jam sebelumnya. Nggembel dah kita. Loketnya on time banget lagi jualnya. Kereta berangkat jam 17:25 ya jual tiketnya 3 jam beneran, tanpa toleransi maju 1 menit! Bagus! Abis dapet tiket, kita balik ke Malioboro xD

Kita masuk ke Jogja Library Centre. Aku baru tahu lho kalau ada perpustakaan di Malioboro #kudet. Begitu masuk, sepi............... Tenang banget....... Kalau kata Dyar, dia menemukan tempat tenang di antara keramaian Malioboro.

Jogja Library Centre terdiri dari 2 lantai. Lantai pertamanya lebih khusus ke arsip-arsip media cetak dalam dan luar negeri. Ada juga komputer. Ada juga Kyoto Book Corner, isinya buku-buku Jepang. Terus di lantai 2 lebih khusus ke buku-buku tentang Yogyakarta dan Jawa. Sayangnya, koleksi di sini hanya bisa dibaca di tempat.





Dari tangga menuju lantai dua.

Ada koleksi wayang juga!
Bisa lihat ramainya Malioboro dari balkon.
Banyak meja diskusi.
Lantainya kebanyakan kayu.
Pukul 16:00 pelayanan perpustakaan ini tutup. Yah, sayang banget padahal lumayan buat nunggu kereta bisa baca koran.. Akhirnya aku dan Dyar kembali ke stasiun. Dyar jajan lagi -_- Beli tempe mendoan. Tadinya aku masih ngerasa kenyang es krim, tapi begitu nyoba mendoannya, nampol dah! Enak!

Lalu kami menunggu kurang lebih 1 jam di stasiun, ngobrol ngalur-ngidul tentang masa depan yang absurd -_- Dari bahasan bule-bule di stasiun, sampe rencana travelling ke Eropa bareng suami #apaini

Oh iya, kami juga sempat tukar-tukaran belanjaan hihi :P Dyar memberiku 3 buah gelang talinya dan dream catcher yang unyu banget! Uyey! Sebagai gantinya, aku kasih dia dream catcher juga dan selembar kartu pos bergambar Rafflesia Arnoldi. Kenapa Rafflesia Arnoldi? Karena nama lainnya adalah Padma Raksasa. Aku kan Padma :3 Bedanya aku nggak bau bangkai.....

Dan alhamdulilah, kereta Prameks tujuan Kutoarjo yang mampir Wates tiba tepat waktu. Kami pun pulang dengan keadaan pliket-pliket butuh mandi.

Tapi rupanya, duit emang harus habis.. Turun dari kereta kami cari makan. Tandaslah sudah seratus ribu rupiahku itu... Tak bersisa... Padahal syarat utamanya tidak terpenuhi -_-

Rasanya seneng banget! Bisa jalan-jalan sama sahabat ke tempat-tempat yang belum pernah didatangi, padahal udah biasa dilewati. At least, meskipun capek, tapi aku dapat pengalaman baru yang luar biasa. Terima kasih Dyar, sudah mau menuruti keabsurdanku. Hihi.. Rencana selanjutnya mari disusun! :)

Komentar

  1. Jogja Library Centre sebelah mana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jalan Malioboro bagian utara, depan halte Transjogja.

      Hapus
  2. emang kita punya rencanan apa lagi? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang katanya naik delman istimewa kududuk di muka -__-

      Hapus

Posting Komentar

Berkatalah yang baik atau diam.

Postingan Populer